Kajati Sulut Lantik Asbin, Kajari Kepulauan Talaud Dan Koordinator di Kejati Sulut

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Utara (Sulut) M. Roskanedi, SH memimpin Upacara pengambilan sumpah, pelantikan dan serah terima jabatan pejabat Asisten Pembinaan (Asbin), Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Talaud dan koordinator, Kamis (25/04/2019) pukul 10.00 wita bertempat di Aula Kejaksaan Tinggi Sulut.

Upacara pengambilan sumpah, pelantikan dan serahterima jabatan ketiga pejabat eselon III di Lingkungan Kejati Sulut oleh Kajati berdasarkan Surat Keputusan Jaksa Agung RI Nomor : KEP-72/A/JA/03/2019 tanggal 4 Maret 2019.

Para pejabat yang dilantik dan diambil sumpah yakni Akhmad Syahrir Harahap, SH, MH sebagai Asisten Pembinaan menggantikan Mahmudi, SH, MH yang telah di mutasi menjadi Kepala Bagian Tata Usaha pada Pusat Pemulihan Aset Jambin Kejaksaan Agung R.I, Agustiawan Umar, SH, MH sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Talaud menggantikan Sutikno, SH, MH yang telah dimutasikan menjadi Kepala Bagian Tata Usaha pada Sekretariat Jampidsus Kejaksaan Agung R.I dan Muchsin, SH, MH sebagai koordinator pada Kejati Sulut.

Dalam sambutannya Kajati mengatakan bahwa mutasi dan promosi pejabat di lingkungan Kejaksaan merupakan sesuatu yang harus dilakukan oleh pimpinan baik karena kebutuhan pimpinan dan atau karena promosi yang bertujuan untuk penyegaran sumber daya manusia sehingga diharapkan dapat menggerakkan kehidupan organisasi, meningkatkan gairah/semangat  kerja sehingga akan berdampak kepada kualitas pelaksanaan tugas yang lebih baik dari sebelumnya. Oleh karena itu pergantian pejabat harus dilihat sebagai suatu peristiwa penting baik ditinjau dari tuntutan perkembangan organisasi yang sehat dan dinamis maupun dari segi pendayagunaan sumber daya manusia.

Sebagai aparat penegak hukum dengan semakin canggih dan kompleksnya kejahatan dengan memanfaatkan teknologi informasi merupakan tantangan yang harus kita hadapi bukan kita hindari.

Dalam melaksanakan tugas penuntutan lanjut Kajati kita lebih banyak belajar hal-hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, lebih proaktif, kreatif dan inovatif dengan mengedepankan semangat kerja yang tinggi dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi kita khususnya dalam bidang penegakan hukum yang  mudah-mudahan akan  meninggalkan sistem manual dan beralih ke sistem digital/elektronik dengan beberapa aplikasi yang sudah mulai kita implementasikan.

Tidak ada kata terlambat untuk belajar, tidak ada batas usia untuk memahami dan mengimplementasi sistem elektronik tumbuhkan semangat untuk membangun Kejaksaan lebih baik dari sebelumnya.

Kajati juga menambahkan saat ini Warga Adhyaksa di Sulawesi Utara sedang melakaanakan program reformasi birokrasi yang merupakan salah satu langkah awal untik melakukan penataan terhadap sistem penyelenggaraan pemerintah yang baik efektif dan efisien, sehingga dapat melayani masyarakat secara cepat, tepat dan profesional.

Dengan adanya reformasi birokrasi diharapkan ke depan akan terwujud good Governance dengan tercapainya tingkat kepercayaan masyarakat (Public Trust). Dalam rangka mengakselerasi pencapaian sasaran hasil tersebut, maka perlu secara konkret dilaksanakan program reformasi birokrasi  pada unit kerja melalui upaya pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi  (WBK) / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Kepada sdr. Akhmad Syahrir Harahap, SH, MH, sdr.  Agustiawan Umar, SH, MH dan sdr. Muchsin, SH, MH saya mengucapkan selamat atas kepercayaan pimpinan kepada saudara dan saya merasa yakin dengan bekal pengalaman yang sudah saudara dapat selama ini, saudara dapat melaksanakan tugas dengan baik ditempat yang sekarang.

Kepada sdr. Mahmudi, SH, MH, dan  sdr. Sutikno, SH, MH saya atas nama pimpinan maupun  keluarga besar Adhyaksa Kejaksaan Tinggi Sulut menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga atas segala bentuk pengabdian dan kerja terbaik yang telah saudara berikan kepada Kejaksaan RI.

Tidak lupa kepada istri-istri pejabat yang baru dilantik yaitu ibu Akhmad Syahrir Harahap, ibu Agustiawan Umar dan Ibu Muchsin agar dapat bekerjasama /menyesuaikan diri dan aktif dalam organisasi IAD Wilayah Kejati Sulut dan kepada ibu Agustina Puspitasari Mahmudi dan ibu Wiwik Sutikno saya sebagai pengawas IAD Wilayah Sulut mengucapkan banyak terima kasih atas waktu dan tenaga yang telah diberikan untuk IAD Wilayah Sulut.

Selamat bertugas semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan Taufik dan Hidayah-Nya kepada kita semua.

Upacara berlangsung dengan baik dan khidmat dihadiri oleh Wakajati Sulut, para asisten, Kabag Tata usaha, para Kajari se Sulut dan pejabat struktural eselon IV, V dan staf Kejati Sulut. Turut hadir juga Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD)  Kejaksaan se Sulut Ny. Soraya Djamin Roskanedi beserta ibu-ibu Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Sulut. (yon/gus)

Click to view slideshow.