WUJUDKAN REVOLUSI KARAKTER BANGSA, KAJATI SULUT HADIRI KEGIATAN EKSPRESI JAKSA MASUK SEKOLAH 2019

Selasa (15/10/ 2019) pukul 09.00 WITA bertempat di Gedung Auditorium Bukit Inspirasi (ABI) Tomohon telah dilaksanakan Acara Puncak Kegiatan Ekspose Prestasi dan Kreativitas bersama Jaksa Masuk Sekolah (EKSPRESI JMS) Tahun 2019.

Kegiatan ini merupakan program kemitraan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon dengan Kejaksaan Negeri Tomohon yang dihadiri oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Andi Muh Iqbal Arief, SH., MH., Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Albina D. Prawitaningsih, SH, MH., Para Asisten pada Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, Kepala Kejaksaan Negeri Tomohon Edy Winarko, SH., MH., Kabag TU Mas’ud, SH.MH, Para Kepala Kejaksaan Negeri se-Sulawesi Utara, Para Koordinator, Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Wilayah Sulawesi Utara Ny. Nurhayati Andi Iqbal beserta Pengurus, Walikota Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE., Ak., Forkopimda Kota Tomohon, Kepala OPD Kota Tomohon, Pihak Sekolah dan siswa – siswi peserta di Tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK se – Kota Tomohon.

Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut Andi Muh Iqbal Arief, SH.MH dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kegiatan Ekspresi JMS merupakan salah satu bentuk langkah strategis dalam mendukung terwujudnya revolusi karakter bangsa sebagaimana Nawacita kedelapan Presiden RI.

Melalui kesempatan ini Kajati mengharapkan para Kajari se Sulawesi Utara dapat berinovasi dan berkreasi seperti yang telah dilaksanakan oleh Kejari Tomohon. Mudah-mudahan sambung Kajati, melalui kegiatan ini dapat menghasilkan siswa taat hukum yg memiliki sifat kreatif dan inovatif sehingga dapat mengharumkan nama baik Kota Tomohon.

Sementara itu, Walikota Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE., Ak mengapresiasi kegiatan Ekspresi JMS Tahun 2019, karena merupakan salah satu program peningkatan taat hukum kepada para siswa dan akan mendukung program Ekspresi JMS kedepannya.

Bahwa kegiatan  EKSPRESI JMS dilaksanakan dengan tujuan mewujudkan Nawa Cita Presiden RI dan Wakil Presiden RI Tahun 2014-2019 butir ke delapan, yang menitikberatkan pada revolusi karakter bangsa bidang pendidikan nasional yang didukung dan dilaksanakan melalui langkah strategis dan efektif dengan cara mengaktualisasikan Prestasi dan Kreatifitas serta bakat para siswa/siswi di Kota Tomohon.

Bahwa kegiatan Acara Puncak EKSPRESI JMS dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, kemudian Laporan kegiatan oleh Panitia Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Daerah Kota Tomohon Dr. Juliana D. Karwur, M.Kes., M.S., selanjutnya Sambutan dari Walikota Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE., Ak. dan Sambutan dari Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara Andi Muh. Iqbal Arief, SH., MH.

Sesudah itu, Acara dilanjutkan dengan Grand Final Pemilihan Duta Adhyaksa Tahun 2019 serta pengumuman Pemenang Lomba dan Penyerahan Hadiah. Kemudian ditutup dengan ramah tamah bersama.

Adapun kegiatan EKSPRESI JMS telah berlangsung sejak tahun 2016 dan tahun ini merupakan tahun ke-4 penyelenggaraannya yang telah banyak menelurkan Duta Adhyaksa dan siswa yang kreativ, inovatif dan mengetahui hukum serta menjauhi hukuman.

Pemerintah Kota Tomohon telah menjadikan EKSPRESI JMS sebagai salah satu program unggulan dibidang Pendidikan.

Dalam lomba Duta Adhyaksa tersebut, Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Wilayah Sulut Ny. Nurhayati Andi Iqbal dan Wakil Walikota Tomohon diberi kesempatan untuk menjadi Juri.

Selain itu, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut Andi Muh Iqbal Arief, SH.MH dan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut Albina D. Prawitaningsih, SH, MH., juga diberi kesempatan sebagai penanya kepada peserta  sesuai pertanyaan yang telah disiapkan panitia lomba dan juga diberikan kesempatan untuk memberikan hadiah kepada para pemenang lomba Duta Adhyaksa Kota Tomohon 2019.

Adapun pemenang lomba Duta Adhyaksa Kota Tomohon 2019,yaitu :

Duta Adhyaksa Putri Rinoa Senduk, SMA N  1 Tomohon

Duta Adhyaksa Putra Riegelkent Antou, SMA Kristen 2 Binsus Tomohon.

1st Runner up putri Evangelista Mangundap, SMA N 1 Tomohon.

1st Runner up putra Kristofer Imbang, SMA N 1 Tomohon.

2nd Runner Up Putri Gitcheel Lensun, SMA Lokon St. Nicolaus

2nd Runner Up Putra Daniel Palar, SMA N 1 Tomohon

Berikut hasil lomba Ekspresi JMS 2019;

Jaksa Cilik (SD)

Putra:

1. Matthe Taba, SD Katolik Frater Don Bosco

2. Hendra C Paat, SD Inpres Kumelembuai

3. Zacherry N Sompotan, SD GMIM I Kakaskasen

4. Natanael RK Kawet, SD Inpres Kakaskasen II

Putri:

1. Mischenka AB Ngantung, SD Katolik St Clara

2. Anisa A Pontoan, SD Katolik I Taratara

3. Karen O Wajong, SD GMIM VII Tomohon

Pidato (SMP) :

1. Christy Masinambouw, SMP Negeri I Tomohon

2. Johanbert Tangkere, SMP Negeri II Tomohon

3. Rivaldy Sebel, SMP Kristen Woloan

Lomba Yel-yel (SMP):

1. SMP Negeri IV Tomohon

2. SMP Bunda Hati Kudus (BHK) Woloan

3. SMP Kristen Woloan

Lomba Stand Up Comedy (SMA):

1. Veybe Rambing, SMA Kristen Tomohon

2. Enrique Tombokan, SMA Negeri I Tomohon

3. Servila Koloay, SMA Kristen III Tomohon

Lomba Pidato (SMA):

1. Eklesia Rumambi, SMA Kristen I Tomohon

2. Domini T Bolah, SMA Kristen I Tomohon

3. Micell Akay, SMA Negeri I Tomohon

Lomba Yel-yel (SMA):

1. SMA Kristen I Tomohon

2. SMA Kristen II Binsus Tomohon

3. SMA Negeri I Tomohon

Para pemenang mendapatkan Piala dan Uang Pembinaan.

Click to view slideshow.