KAJATI SULUT BERI SAMBUTAN DALAM KEGIATAN PELATIHAN BERSAMA APH TAHUN 2021 YANG DILAKSANAKAN KPK

Selasa (12/10/2021) Bertempat di Hotel Novotel, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara A. Dita Prawitaningsih, SH., MH. menghadiri pembukaan  Kegiatan Pelatihan Bersama Peningkatan Kemampuan Aparat Penegak Hukum (APH) Tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI.

Dalam Pelatihan tersebut, Kajati Sulut berkesempatan untuk memberikan sambutan. Dalam sambutan tersebut Kajati Sulut menyampaikan bahwa Korupsi Politik yang terjadi di Indonesia ditunjukan dalam berbagai kasus korupsi yang terbukti dilakukan oleh pejabat atau penyelenggara negara.

Telah banyak pemangku kekuasaan Politik yang  di Pidana karena melakukan Korupsi yang merugikan keuangan negara. Korban kejahatan Korupsi Politik adalah rakyat. Dalam negara Demokrasi, sejatinya rakyat menjadi pemangku kepentingan kedaulatan negara. Banyaknya kesempatan dan sarana yang dimiliki oleh pemegang kekuasaan di Eksekutif dan kekuasaan elektoral di parlemen, menjadi peluang melakukan korupsi.

Dengan berbagai modus operandi pelaku Korupsi Politik melakukan tindakan tranksaksional yang menguntungkan diri sendiri, orang lain atau korporasi. Dampak Korupsi Politik sangat berbahaya bagi integritas negara dan martabat bangsa. Predikat negara Korupsi akan dan harus ditanggung oleh seluruh komponen bangsa, termasuk sebagian besar rakyat yang tidak berdosa.

Kendatipun Korupsi di Indonesia secara yuridis telah dikualifikasikan sebagai kejahatan luar biasa (extra ordinary crimes), namun fenomena korupsi yang sistemik dan meluas tetap merisaukan masyarakat secara nasional. Melihat hal ini saya sebut tadi, perlu penanganan yang lebih serius dan adanya kerjasama dari seluruh Aparat Penegak Hukum yang ada.

Kegiatan Pelatihan Bersama Peningkatan Kemampuan Aparat Penegak Hukum (APH) ini, memiliki banyak manfaat. Selain mendapat tambahan ilmu pengetahuan, juga ada sharing pengalaman, bahkan menambah teman sehingga nantinya akan mempermudah diantara kita untuk saling berkomunikasi.

Sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, saya memberikan apresiasi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi atas pelaksanaan kegiatan ini, sambil berharap ini akan terus dilaksanakan secara berkesinambungan. Sehingga akan menjadi sarana peningkatan kemampuan APH dan juga ajang silahturami antar APH di Sulawesi Utara.

Turut hadir dalam kegiatan ini Plt. Deputi Koordinasi dan Supervisi KPK Yudhiawan, Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol. Drs. Nana Sudjana, M.M., Ketua Pengadilan Tinggi Sulut Dr. H. Lexsy Mamontoh, SH., MH., Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Prov. Sulut Karyadi, SE., MM., Ak., CA., CFrA., CSFA., dan Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Prov. Sulut Beligan Sembiring.

Kegiatan berlangsung dengan menerapkan Protokol Kesahatan Pencegahan Covid-19.