Pelayanan Lelang Barang Rampasan

SHARE

1. Persyaratan Pelayanan Lelang Barang Rampasan 

  • Petikan putusan yang menjelaskan Barang Bukti tersebut dirampas untuk negara;
  • Surat Perintah Penyitaan;
  • Berita Acara Penyitaan;
  • Penetapan Penyitaan;
  • Foto Barang Bukti;
  • Cek fisik dari Instansi yang berwenang;
  • Penilaian Harga Limit dari Instansi yang berwenang;
  • Surat Keputusan Pelaksanaan Lelang Barang Rampasan dari Kajari;
  • Surat  Perintah Pelaksanaan Lelang Barang Rampasan dari Kajari.

2. Prosedur/Alur Pelayanan :

  • Memiliki Akun di www.lelang.go.id dan apabila belum dapat mendaftar melalui www.lelang.go.id dengan mengisi E-mail, password, serta mengisi identitas yang sesuai;
  • Setelah memiliki akun, masuk ke laman www.lelang.go.id kemudian memilih benda yang diminati berdasarkan kategori benda atau lokasi kantor cabang pelelangan;
  • Klik “ikuti lelang” dan centang status keikutsertaan dengan memilih salah satu opsi dari “saya mengikuti lelang ini untuk diri saya sendiri” atau saya mengikuti lelang atas kuasa dari badan hukum”;
  • Lengkapi dokumen yang disyaratkan dalam pengumuman lelang, lalu centang pernyataan “saya berkendak untuk mengikuti lelang serta telah membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan lelang ini” dan kilik “ikuti lelang ini”;
  • Setelah mengikuti prosedur di atas, Anda dapat setor uang jaminan lelang berdasarkan petunjuk pembayaran yang telah disediakan;
  • Selanjutnya tinggal menunggu verifikasi penyetoran uang jaminan dari Pegawai KPKNL untuk dapat mengajukan penawaran lelang.

???????3. Waktu Pelayanan : Dalam hal berkas lelang sudah lengkap akan dilakukan cek fisik dan penilaian harga limit barang oleh Instansi yang berwenang paling lama 20 (dua puluh) hari. Setelah hasil nilai harga limit barang terbit maka diajukan ke KPKNL untuk dimintakan penetapan tanggal lelang.

4. Biaya/Tarif : Biaya untuk 2 (dua) per materai sebesar Rp. 10.000 (sepuluh ribu rupiah).

5. Produk : 

  • Risalah lelang dari KPKNL;
  • Berita Acara Serah Terima Baran Rampasan.

???????6. Pengelolaan Pengaduan : 

1. Pengaduan, saran dan masukan dapat disampaikan melalui:

    • Datang langsung;
    • Kotak saran/pengaduan;
    • Surat yang ditujukan kepada Kejaksaan Negeri Manado;
    • Media sosial, whatsapp dan website.
  1. Petugas Pengaduan/Pengelola Pengaduan:
    • Kepala Seksi Intelijen dan Petugas Unit Penerimaan Pengaduan Kejaksaan Negeri Manado;
    • Lokasi : Ruang Koordinasi PTSP Kejaksaan Negeri Manado.
  2. Alur Pengaduan:
  • Pelapor datang langsung ke PTSP dengan membawa laporan pengaduan;
  • Petugas PTSP menyampaikan ke Kepala Seksi Intelijen dan dilakukan permintaan keterangan;
  • Hasil disampaikan ke Kepala Kejaksaan Negeri Manado dan Pelapor.